Sunday, June 29, 2008

Mengganti Tape Number Pada Seg-D File (Sercel 428XL)

Sering kita mengalami sebuah kasus dimana kita diharuskan untuk membagi file-file Seg-D yang tersimpan pada sebuah tape menjadi dua atau lebih tape.
Misalnya kita punya sebuah tape dengan No. 10 dengan file yang tersimpan sebanyak 100 file. Kemudian kita ingin membagi tape 10 tersebut menjadi dua yaitu tape 10 dan 11 dengan masing-masing tersimpan 50 file. Hal tersebut mudah untuk dilakukan dengan software yang bernama Copy+. Tapi masalahnya adalah, apakah header pada file tersebut juga berubah mengikuti no. tape-nya pada Copy+? Berdasarkan pengalaman saya pada proyek sebelumnya, jawabannya adalah tidak. Tape number pada header Seg-D file tidak akan berubah, tape number akan sesuai dengan setingan Record Setup Labo pada saat perekaman dilakukan.
Namun ada sebuah solusi yang pernah saya lakukan yang mungkin dapat dilakukan. Hal ini pernah saya lakukan dengan menggunakan Sercel 428XL. Hal yang saya lakukan adalah meng-copy file yang ingin saya ubah tape number-nya ke direktori /var/dump/ pada komputer server. Tetapi sebelumnya kita harus setting Record Setup sesuai dengan yang kita inginkan, dan Recorder pada posisi auto. Hal tersebut membuat file yang kita copy akan terekam ulang tetapi dengan header yang berbeda.
Untuk meng-copy file kita harus melalui pc/laptop yang terhubung dengan server melalui jaringan. Software dapat menggunakan LeechFTP/FilleZilla/XManager.

0 comments: